Pentingnya Management Skills Bagi Manajer

Pelatihan Sdm

Pentingnya Management Skills Bagi Manajer

 

Pentingnya Management Skills Bagi Manajer, posisi sebagai manajer memang yang paling digemari dan dinanti-nantikan oleh karyawan di perusahaan manapun. Posisi ini merupakan awal proses untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi dalam dunia kepemimpinan (leadership). Pada posisi manajer inilah Anda bisa mengembangkan bakat dan belajar untuk menjadi pimpinan dari tim kerjamu. Tidak hanya itu saja, perlu Anda ketahui juga keterampilan manajer yang akan membantu Anda dalam mengemban tugas-tugas dari perusahaan. Seorang manajer bertanggung jawab untuk mengawasi dan memimpin pekerjaan sekelompok orang dalam banyak hal. Manajer juga diberi kepercayaan lebih oleh atasan untuk tugas dan tanggung jawab lebih dan juga gaji yang lebih.

Manajer merupakan pelaku manajemen yang memiliki berbagai peranan dalam organisasi atau perusahaan. Dalam melaksanakan peranan dan fungsinya, para manajer tersebut diwajibkan untuk memiliki beberapa keterampilan yang dapat mendukung kelancaran aktivitasnya. Keterampilan manajer tersebut pada umumnya disebut dengan keterampilan manajemen (management skills). Sederhananya, yang dimaksud dengan keterampilan manajemen adalah pengetahuan dan kemampuan individu seorang manajer untuk memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan tugas tertentu dan juga dalam menjalankan fungsi manajemennya. Sehingga penting bagi seorang manajer untuk memiliki skill dan kualitas yang mumpuni agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.

1.  Keterampilan Konseptual

Hal ini terkait dengan kemampuan dalam membuat konsep, ide dan menyampaikan gagasan untuk kemajuan perusahaan. Ide-ide tersebut dituangkan dalam rencana kegiatan atau sering disebut rencana kerja. Selain itu manajer hendaklah juga memiliki visi ke depan, misi yang jelas, program kerja yang aktual, serta menjaga competitive advantage dalam organisasi atau perusahaan.

2.  Keterampilan Komunikasi

Seorang manajer harus mampu berinteraksi dengan baik dengan banyak orang. Saat berkomunikasi dengan bawahan, maka manajer harus dapat berkomunikasi secara persuasif dan bersahabat. Ketika berkomunikasi dengan rekan kerja harus saling menghormati dan saat berkomunikasi dengan jajaran manajemen dan konsumen, manajer harus dapat melayaninya dengan baik. Menjaga komunikasi yang baik dengan semua orang akan mendorong orang-orang disekitarnya menjadi tim terbaiknya.

3.  Keterampilan Teknis

Memiliki kemampuan dalam bidang informasi teknologi atau bidang lainnya merupakan keunggulan atau nilai lebih bagi seorang manajer. Memiliki keterampilan teknis merupakan bekal yang harus dimiliki oleh seorang manajer, sehingga tidak hanya memahami konsep, namun juga dapat menciptakan efektivitas dan efisiensi.

4.  Keterampilan Manajemen Waktu

Seorang manajer harus mampu mengalokasikan waktu untuk mendapatkan hasil yang optiomal. Kemampuan ini akan diuji pada saat menyusun rencana sebuah project, dimana tidak hanya masalah manajemen waktu saja yang harus diperhatikan, tapi juga membuat skala prioritas.

5.  Keterampilan Membuat Keputusan

Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan dapat meninjau secara komprehensif, termasuk memberikan solusi dalam memecahkan masalah adalah keterampilan yang harus dimiliki setiap manajer. Mengambil keputusan hendaklah tidak dilakukan dengan terburu-buru, namun seringkali manajer harus mengambil keputusan dengan cepat disaat yang mendesak.

6.  Keterampilan Kepemimpinan

Manajer harus benar-benar menjadi seorang pemimpin dan tidak mengindahkan hal-hal yang tidak perlu. Menjalankan program kerja dan evaluasi membutuhkan komitmen dan ketegasan. Manajer yang tangguh akan mendorong terciptanya trust di lingkungan kerjanya dan menciptakan teamwork yang solid.