Pentingnya Melakukan Riset Pasar

pelatihan sales marketing

Kanaka Training – Bagi pelaku bisnis, mengetahui seluk-beluk bisnis yang sedang digeluti dan dikembangkannya adalah menjadi krusial. Oleh sebab itu, sebuah keniscayaan jika mereka, pelaku bisnis, harus melakukan riset pasar mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dengan tujuan menopang keberhasilan usaha yang dijalanakan, khususnya bagi mereka yang baru merintis usahanya.

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan riset pasar, di antaranya adalah mengetahui minat dan kebutuhan pasar, seberapa besar peluang dan modal yang dibutuhkan, serta hal-hal yang menjadi kendala di pasar. Informasi-infomasi tersebut selanjutnya dapat menjadi pijakan bagi pelaku usaha dalam menentukan strategi dan rencana pemasaran yang diperlukan –salah satu penentu keberhasilan dan kegagalan dalam menjalankan bisnis adalah ketepatan strategi pemasaran yang diterapkan.

Apa Itu Riset Pasar?

Secara bahasa, riset pasar tegabung dari dua suku kata riset dan pasar. Menurut definisi KBBI, riset diartikan sebagai penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik. Sementara pasar diartikan sebagai tempat orang-orang melakukan transaksi atau jual beli.

N.K. Malhotra (2005) dalam hal ini menyebutkan bahwa riset pasar adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi, serta penggunaan informasi secara sistematik dan obyektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah dalam bidang pemasaran. Dengan demikian, riset pasar secara sederhana dapat dipahami sebagai penyelidikan mendalam dalam rangka memperoleh infomrasi komprehensif terkait kondisi, peluang, target pemasaran, tantangan, bahkan kompetitor bisnis, sebagai penentu langkah dan strategi bisnis yang akan diambil selanjutnya.

Tahapan dalam Melakukan Riset Pasar

1. Identifikasi masalah, tujuan, dan sasaran riset. Perumusan masalah ini sangat penting dilakukan supaya pelaku bisnis dapat memahami dengan baik tujuan yang ingin dicapai setelah penyelidikan selesai. Kajian ini pada dasarnya disusun untuk menghasilkan kesimpulan yang jelas dan tepat tentang masalah yang dihadapi dalam bisnis.
2. Mengembangkan rencana riset pasar. Rencana riset diperlukan untuk menentukan prosedur perencanaan. Dalam merancang rencana riset, pelaku bisnis harus membuat keputusan mengenai sumber data, pendekatan riset, instrumen riset, rencana pengambilan sampel dan metode kontak.
3. Pengumpulan data dan informasi
4. Menganalisis informasi.
5. Membuat keputusan. Tahapan akhir dari riset pasar adalah membuat laporan yang berisi keputusan, kesimpulan dan rekomendasi yang disampaikan kepada manajemen.

Kanaka training dalam hal ini menawarkan solusi untuk membantu pelaku bisnis dalam mempelajari penerapan riset pemasaran. Informasi lebih lanjut, dapat disimak pada laman jadwal pelatihan.

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.