Standard Operating Procedures (SOP) Dalam Organizing Work

Mungkin gambar teks yang menyatakan 'KANAKA DEKANAKA DEKANAKA DEKANAKA Work hard in silence, let your success be your noise. FRANK OCEAN DEKANAKA CKANAKA DEKANAKA DEKANAKA www.pelatihan-sdm.net @kanakatraining ffb.com/kanakatraining (0274)5016111 jatimulyo 153A, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta'

Standard Operating Procedures (SOP) Dalam Organizing Work

 

Dalam perusahaan Standard Operating Procedures (SOP) merupakan suatu kumpulan peraturan, pedoman atau acuan yang dibuat perusahaan dalam rangka untuk melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing individu yang ada dalam perusahaan. Standard Operating Procedures (SOP) juga digunakan sebagai alat penilaian kerja bagi perusahaan yang berdasarkan pada indikator-indikator khusus yang meliputi teknis, administratif, prosedural dan sistem kerja terhadap unit kerja yang bersangkutan. SOP juga dapat digunakan untuk karyawan, pimpinan, manajerial, hingga pimpinan pusat perusahaan supaya memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki Standard Operating Procedures (SOP) yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan yang diperlukan masing-masing perusahaan. Sehingga seluruh Sumber Daya Manusia dalam perusahaan dapat saling membantu dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bisnis yang ingin dicapai. Sehingga setiap SOP harus dibuat seefektif mungkin, tepat sasaran dan juga bermanfaat.

Manfaat perusahaan dalam menerapkan Standard Operating Procedures (SOP) antaralain sebagai berikut:

1. Melatih Kemandirian Pegawai

Penerapan SOP mampu membuat para pegawai/karyawan untuk melatih menjadi lebih mandiri dan tidak sepenuhnya bergantung pada perusahaan. Sehingga akan mengurangi ketelibatan pimpinan dalam kegiatan operasional sehari-hari

2. Standarisasi Karyawan

Sebagai standarisasi cara yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan, dan kelalaian dalam bekerja

3. Menghindari Tumpang Tindih Pelaksanaan Tugas

Prosedur perusahaan yang standar dapat mengatur selulruh pekerjaan, tugas dan kegiatan untuk karyawan sesuai dengan porsinya sehingga tidak ada tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas

4. Meningkatkan Kinerja Perusahaan

SOP ini dibentuk supaya tidak ada karyawan yang bekerja di luar sistem yang telah ditetapkan. Apabila SOP ini telah ditetapkan dengan baik maka perusahaan akan memperoleh hasil yang maksimal sehingga kinerja perusahaan akan meningkat.

5. Meluruskan Kesalahan Prosedural

Kesalahan prosedural ini akan mudah dilacak dengan standar operasional yang sudah diatur secara rinci dalam proses operasional perusahaan pada setiap bagian.

6. Meningkatkan Akuntabilitas

Dengan mendokumentasikan tanggung jawab khusus pada karyawan dalam melaksanakan tugasnya maka hal ini dapat meningkatkan akuntabilitas karyawan terhadap perusahaan.
Penerapan Standard Operating Procedures (SOP) memiliki peran penting dalam menentukan tumbuh kembang perusahaan, karena Standard Operating Procedures (SOP) ini merupakan prosedural yang harus terus ditinjau secara berkala, sebab pertumbuhan perusahaan sering terjadi perubahan yang terjadi baik perubahan secara internal maupun ekternal perusahaan.