Training of Trainer

Training of Trainer

Training of TrainerTraining of Trainer, atau dalam bahasa Indonesia adalah Pelatihan untuk Pelatih. Definisi secara luasnya adalah adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi orang yang diharapkan setelah selesai pelatihan mampu menjadi pelatih dan mampu mengajarkan materi pelatihan tersebut kepada orang lain.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Training of Trainer, kita perlu memahami definisi dari training atau pelatihan terlebih dahulu. Secara umum Training atau pelatihan dapat didefinisikan sebagai proses pemindahan pengetahuan dan keterampilan dari seseorang kepada orang lain sehingga orang lain tersebut menjadi cakap dalam pekerjaannya. Kegiatan tersebut tidak dibatasi oleh lokasi ataupun formalitasnya karena dimana pun tempatnya, apabila terjadi suatu proses pemindahan pengetahuan/keterampilan kepada orang lain maka itu bisa dikatakan sebagai training.

Secara umum ada 3 tahapan untuk melaksanakan Training of Trainer (TOT), masing-masing tahapan pelatihan tersebut mempunyai tujuan yang berbeda. Berikut adalah 3 tahapan dari training of trainer, yaitu antara lain :

  1. Pelatihan ketrampilan melatih (training delivery)
  2. Pelatihan menyusun langkah atau tahapan melatih (session design)
  3. Pelatihan ketrampilan mendisain kurikulum pelatihan (curriculum design).

 

1. Pelatihan ketrampilan melatih (training delivery)

Pelatihan ketrampilan melatih (training delivery) dilakukan juga dalam rangka untuk memberikan kemampuan penguasaan materi kepada para trainer agar para trainer bisa memberikan pelatihan terhadap suatu subyek. Oleh karena itu kita sering mendengar kata TOT diikuti dengan subyek kata yang lain, namun pada dasarnya tujuan kegiatan itu tetap sama, yaitu agar peserta pelatihan mampu melatih.

 

2. Pelatihan menyusun langkah atau tahapan melatih (session design)

Pelatihan menyusun langkah atau tahapan melatih (session design) adalah pelatihan yang ditujukan agar para trainer dapat menyusun dan merancang sebuah materi pelatihan. Dalam kegiatan merancang sebuah pelatihan maka seorang trainer harus melakukan beberapa hal, yaitu :

  1. Identifikasi kebutuhan Training
  2. Merumuskan tujuan Training
  3. Menyusun Silabus
  4. Cara penyajian materi training
  5. Membuat metode evaluasi

 

3. Pelatihan ketrampilan mendisain kurikulum pelatihan (curriculum design)

Pelatihan ketrampilan mendisain kurikulum pelatihan (curriculum design) adalah langkah selanjutnya dari tahapan Training of Trainer ini, yaitu para trainer diharuskan mampu membuat silabus training. Yang perlu diingat disini adalah silabus tidak sama dengan materi. Cara membuat silabus Training adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan ability yang ingin dicapai
  2. Indikator apa yang menandakan tercapainya ability tersebut?
  3. Apa yang perlu diketahui seseorang agar bisa menguasai ability tersebut?
  4. Apa yang perlu dilakukan seseorang agar bisa menguasai ability tersebut.
  5. Susunlah materi tersebut secara urut dan  sistematis.

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • training of trainer
  • tot adalah
  • trainer adalah
  • pengertian tot
  • training of trainer adalah
  • apa itu tot
  • Pengertian trainer
  • training for trainer
  • arti training of trainer
  • arti tot
This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.