Elemen Penting Dalam Konsep Manajemen Pemasaran

Pelatihan Sdm

Elemen Penting Dalam Konsep Manajemen Pemasaran

 

Secara umum, manajemen pemasaran (marketing management) merupakan kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk atau jasa kepada khalayak luas atau konsumen. Sedangkan tujuan adanya manajemen ini ialah supaya banyak orang yang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Diharapkan pula khalayak luas atau calon konsumen tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Jika ini yang terjadi, berarti marketing management yang dibuat berhasil dengan baik. Melihat pengertian tersebut, jika tidak ada manajemen yang baik, berarti kegiatan marketing juga tidak akan maksimal seperti yang diharapkan. Karena perusahaan tidak mungkin bisa menjual satu pun produk atau jasa jika tidak ada konsumen yang tahu tentang produk atau jasa yang akan dijual.

Konsep pemasaran modern adalah konsep yang cukup luas. Ini berarti mencari tahu konsumen dan membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka adalah hal yang cukup sulit. Jadi sangat penting bagi penjual untuk mendapatkan pengetahuan tentang hal-hal yang diinginkan konsumen dan bagaimana hal-hal ini dapat disediakan bagi mereka. Hanya dengan begitu, Anda bisa bertahan di pasar dan mendapatkan untung.

Ada 6 (enam) konsep pemasaran modern yang sangat penting dari sudut pandang marketing modern yang bisa Anda pelajari.

1.    Konsep Produksi

Bisnis yang menggunakan konsep produksi umumnya terlalu sempit fokus pada kegiatan produksi mereka sendiri. Karena menurut konsep ini, konsumen akan membeli produk yang telah diproduksi oleh perusahaan dan sudah dijual ke pasar.

2.    Konsep Produk

Sesuai dengan nama konsep ini, perusahaan akan memberikan arti penting pada fitur atau kualitas produk. Perusahaan memikirkan pengambangan bisnis jangka panjang dengan membuat produk yang hanya cocok dengan standar kualitas terbaik, yang diberikan kepada konsumen.

3.    Konsep Penjualan

Tidak cukup bagi produsen untuk membuat barang dan menunggu pelanggan untuk membeli produknya. Jadi, menurut konsep ini sangat penting untuk memberi tahu konsumen tentang produk yang sudah dipasarkan melalui berbagai cara promosi.

4.    Konsep Pemasaran

Pembeli adalah raja. Jadi sangat penting bagi produsen untuk menghasilkan produk yang diinginkan konsumen, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan dan produsen mendapat untung. Dengan melakukan pemasaran seluas-luasnya akan memberikan visibilitas produk yang lebih dikenal oleh konsumen.

5.    Konsep Konsumen

Konsep konsumen ini adalah memberikan perhatian kepada konsumen secara individu. Contohnya seperti memberikan pelayanan terbaik pada setiap pelanggan yang menggunakan produk dan jasa kita. Dengan begini tentunya membuat pelanggan merasa dihargai dan memberikan kepuasan.

6.    Konsep Hubungan Sosial

Konsep ini berarti bahwa perusahaan tidak hanya bekerja untuk konsumen tetapi juga untuk masyarakat. Jadi perusahaan harus menyeimbangkan antara keuntungan perusahaan, keinginan konsumen dan kesejahteraan masyarakat.

Dari kelima konsep tersebut, maka dapat diketahui jika terdapat 3 (tiga) elemen penting dalam konsep manajemen pemasaran, diantaranya yaitu :

  1. Orientasi Pada Konsumen

Di mana akan menjadikan konsumen sebagai raja, produsen nantinya akan memberikan berbagai penawaran yang terbaik. Baik itu mulai dari produk terbaik sampai dengan cara pelayanan prima kepada konsumen.

  1. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Seluruh aktivitas pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, serta berbagai macam aktivitas lainnya yang berhubungan dengan pemasaran haruslah disusun secara terperinci.

  1. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen tak hanya diukur dari kualitas produk saja, namun juga dilihat dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Manajemen pemasaran dapat disebut dengan ilmu sekaligus seni. Mereka yang bertanggung jawab untuk pemasaran harus memiliki pemahaman yang baik tentang berbagai konsep dan praktik dalam pemasaran, komunikasi, dan keterampilan analitis dan kemampuan untuk mempertahankan hubungan yang efektif dengan pelanggan, yang akan memungkinkan mereka untuk merencanakan dan melaksanakan rencana pemasaran. Praktik berkelanjutan di bidang penjualan, promosi penjualan, iklan, dan lain sebagainya. Aspek ilmiah dan artistik pemasaran akan saling mempengaruhi, yang mengarah ke generasi baru manajer pemasaran.

Konsep pemasaran ini sangat penting diketahui dan dipahami oleh sebuah perusahaan. Karena pada intinya, perusahaan setelah melakukan produksi produknya, tentu mereka memerlukan pemasaran yang baik agar produk yang telah mereka buat bisa laku terjual. Walapun terkadang pada tahap produksi terdapat beberapa perusahaan yang sudah mendesain konsep pemasarannya. Apapun usaha yang dilakukan oleh perusahaan, perusahaan harus dapat mewujudkan sebuah produk yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Tak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat saja, akan lebih baik jika produk yang diberikan ini tetap menarik sifatnya supaya bisa bersaing dengan produk dari perusahaan lain.