Komponen Compensation Dan Benefit Karyawan

Mungkin gambar teks yang menyatakan 'KEUANGAN TIDAK PERNAH MAPAN kenali penyebabnya disini.. Berhutang untuk keperluan tidak penting. Tidak memiliki dana darurat. Terbiasa dengan gaya hidup boros. Masih saja enggan berinvestasi. Πii Tidak disiplin dengan rencana anggarar yang telah dibuat. www.pelatihan-sdm.net @kanakatraining ffb.com/kanakatraining (0274)5016111 Jatimulyo Tegalrejo, Yogyakarta'

Komponen Compensation Dan Benefit Karyawan

 

Komponen compensation dan benefit karyawan, Kompensasi (Compensation) merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh di dalam suatu perusahaan. Dikarenakan kompensasi (Compensation) dapat menjadi pemicu utama bagi karyawan dalam menentukan langkah karirnya kedepan dan bagi perusahaan sebagai penentuan langkah strategik perusahaan kedepan. Dalam menetapkan gaji sering kali bagian HRD (Human Resources Development) merasa bingung dalam memperhitungkan komponen gaji. Sehingga perlunya pemahaman mengenai komponen gaji akan sangat membantu dalam menentukan proses untuk menetapkan besaran gaji karyawan, selain itu juga dapat memudahkan bagian finance untuk menentukan pembukuan dan audit keuangan perusahaan. Sesuai dalam surat edaran menteri tenaga kerja Nomor. SE-07/MEN/1990 yaitu tentang Pengelompokkan Komponen Upah dan Pendapatan Non Upah. Yang salah satu bunyinya “dalam hal komponen upah terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap maka besarnya upah pokok sedikit-dikitnya 75% (tujuh puluh lima persen) dari jumlah upah pokok dan tunjangan tetap.”

Tujuan utama dengan adanya kompensasi yaitu merupakan senjata utama untuk meningkatkan loyalitas dan motivasi karyawan. Perusahaan ketika ingin mendapatkan karyawan yang kompeten maka dengan memberikan kompensasi yang tepat dan sesuai. Kompensasi ini akan membantu perusahaan dalam mengendalikan biaya dalam segala proses yang terjadi dalam perusahaan misalnya dalam proses perekrutan karyawan. Perlunya sistem kompensasi yang transparan sehingga dapat menumbuhkan loyalitas kinerja dalam perusahaan.

Bentuk – bentuk kompensasi yang perusahaan dapat berikan kepada karyawan yang telah bekerja yaitu terkait dengan proses usaha yang telah dilakukan selama proses bekerjanya hal ini tentunya berhubungan dengan kinerja dan loyalitas karyawan tersebut untuk memajukan dan meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Berikut bentuk-bentuk kompensasi yang terbagi menjadi beberapa point dalam perusahaan:

1. Gaji Pokok

Gaji merupakan imbalan dasar yang dibayarkan kepada karyawan sesuai dengan tingkat ataupun jenis pekerjaannya. Gaji juga dapat disebut sebagai balas jasa dalam bentuk uang yang diterima karyawan sebagai konsekuensi dari kedudukannya sebagai seorang karyawan yang memberikan sumbangan tenaga dan pikiran dalam mencapai tujuan organisasi/ perusahaan. Dalam perhitungannya didasarkan pada lama waktu bekerja.

2. Tunjangan

Tunjangan merupakan pembayaran yang dilakukan secara tetap atau teratur yang akan diberikan kepada karyawan beserta keluarganya yang dibayarkan bersamaan dengan gaji pokok. Tunjangan ini tidak berhubungan dengan kehadiran ataupun kinerja karyawan karena sudah terprogram menjadi satu.

3. Insentif

Insentif ini merupakan tambahan gaji diluar gaji pokok yang telah diberikan oleh perusahaan. Program insentif ini disesuaikan dengan pemberian pembayaran tambahan berdasarkan produktivitas, peningkatan penjualan (omset) atau ptofit (keuntungan).

4. Lembur

Lembur diberikan kepada karyawan yang melebihi jam kerja yang sudah ditentukan sehingga perusahaan wajib membayarkan upah lembur. Biasanya lembur dihitung apabila sudah melebihi 7 jam kerja dalam satu hari. Apabila perusahaan tidak dapat memberikan upah lembur maka karyawan dapat menuntut perusahaan sehingga perusahaan dapat terkena sanksi pidana/administratif.

5. Fasilitas

Fasilitas yang diberikan karyawan untuk menunjang untuk memperlancar pekerjaannya. Fasilitas ini diberikan meliputi mobil perusahaan, keanggotaan klub, penggantian biaya parkir dan sebagainya. Fasilitas ini diberikan tergantung pada kesanggupan perusahaan dalam memberikan fasilitas karyawan.