Kepemimpinan Sejati dalam Holistic Leadership

Kepemimpinan Sejati dalam Holistic Leadership

 

Kepemimpinan sejati dalam holistic leadership Kepemimpinan merupakan suatu keputusan yang merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau seraca bertransformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan tidak ditentukan dari jabatan seseorang, melainkan mengenai siapa yang bersedia untuk menjadi pemimpin dan kapan saja. Konsep kepemimpinan sejati saat ini berbeda dengan kepemimpinan konvensional yang mana konsep kepemimpinan sejati saat ini dikenal dengan istilah Servant Leadership yaitu kepemimpinan yang didasarkan pada kerendahan hati dalam melayani. Kepemimpinan yang sejati mampu menemukan visi dan misi dalam hidupnya, ketika terjadi dalam kedamaian dalam hidup maka akan membentuk dalam membangun karakter yang kokoh baik dalam diri sendiri  maupun dalam perusahaan.

Kepemimpinan yang berhasil tidak terjadi dalam satu waktu, tetapi melalui suatu proses yang memerlukan waktu dan usaha. Dan itu menyangkut proses perubahan di dalam diri seseorang. Konsep kepemimpinan sejati merupakan sesuatu hal yang baru dan mungkin tidak bisa diterima oleh para pemimpin konvensional yang justru mengharapkan penghormatan dan pujian dari mereka yang dipimpinnya. Semakin dipuji maka semakin tinggi hati dan lupa dirilah seorang pemimpin. Seringkali seorang pemimpin sejati tidak diketahui keberadaannya oleh mereka yang dipimpinnya. Bahkan ketika misi atau tugas terselesaikan, maka seluruh anggota tim akan mengatakan bahwa merekalah yang melakukannya sendiri. Pemimpin sejati adalah seorang pemberi semangat encourager, motivator, inspirator, dan maximizer.

Berikut merupakan ciri-ciri pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang sejati, diantaranya meliputi :

1. Kejujuran

Pemimpin harus bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya tanpa memperdulikan dimana dan kepada siapa yang sedang dipimpin sehingga harus menunjukan perilaku yang jujur.

2. Kemampuan Mendelegasi

Pemimpin harus mempercayakan timnya sebagai tanda kekuatan bukan sebagai kelemahan. Sehingga pemimpin yang sejati harus mampu mengemban tugas yang telah diberikan.

3. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang baik  merupakan hal yang terpenting dalam perusahaan,hal ini menjadi kunci utama dalam perusahaan. Berkomunikasi yang baik akan mempermudah penyampaian materi dan informasi kepada orang lain.

4. Selera Humor

Sebagai pemimpin tentunya juga harus mempunyai jiwa humor terhadap tim nya selain itu dapat menanamkan energi positif dari adanya humor tersebut. Berikna lelucon yang cerdas kepada tim namun tidak mengandung SARA atau sindiran kepada orang lain.

5. Percaya diri

Harus mempunyai rasa percaya diri yang besar dalam membangun tim kerja dalam perusahaan, supaya dapat meyakinkan tim bahwa anda seorang pemimpin yang sejati.

6. Komitmen

Pemimpin harus menunjukan komitmennya terhadap pekerjaan yang diberikan kepada timnya, selain itu komitmen terhadap janji yang telah diikrarkan kepada tim harus dilakukan sebaik mungkin untuk menunjukan jiwa komitmennya.

7. Kreativitas

Pemimpin yang mempunyai kreativitas terhadap timnya mampu membedakan antara pemimpin dengan bos. Pemimpin yang kreativ tidak saja menggantungkan bebannya terhadap tim namun memberikan solusi terbaik untuk problem solving .

8. Kemampuan untuk Menginspirasi

Kemampuan untuk mengispirasi banyak orang dan mampu menunjukkan sikap dan komitmen yang baik yang sudah menjadi tanggung jawab seorang pemimpin yang sejati.

Pemimpin yang melayani hati adalah pemimpin yang dapat mengendalikan ego dan kepentingan pribadinya melebihi kepentingan publik atau mereka yang dipimpinnya. Mengendalikan ego berarti dapat mengendalikan diri ketika tekanan maupun tantangan yang dihadapi menjadi begitu berat. Seorang pemimpin sejati selalu dalam keadaan tenang, penuh pengendalian diri dan tidak mudah emosi.